Home > cerita Ibu Bumi > Global Warming: siklus alamiah bumi..??

Global Warming: siklus alamiah bumi..??

penguin

penguin

Global warming lagi ni.. Moga2 gak bosen yang baca (juga terutama buat yang nulis).. ^^

Para ahli di dunia ternyata masih terbagi dua dalam hal memandang global warming. Sebagian berpendapat bahwa global warming terjadi karena ulah manusia, sebagian lagi meyakini (didukung dengan bukti2 data dan angka selama jutaan tahun) bahwa global warming adalah suatu proses alamiah bumi. Menurut ilmuwan yang berada pada aliran ke-2 itu, bumi gak hanya mengalami ‘pemanasan’, tapi juga ‘pendinginan’. Jadi ada istilah siklus ‘global warming-cooling’-nya bumi (bisa dibaca di http://rovicky.wordpress.com/2008/01/10/debat-global-warming/ dan http://rovicky.wordpress.com/2007/12/15/global-warming-ngga-bisa-dicegah/ ).

Aliran pertama yang ‘menyalahkan’ manusia sebagai penyebab global warming berpendapat bahwa manusia harus mati2an mengurangi emisi karbon. Karbon inilah yang merupakan ‘tersangka’ utama penyebab global warming, diantaranya CO2, CO, CFC, dll. Jadilah aliran pertama menyuarakan gerakan2 pengurangan emisi karbon, seperti penghematan listrik (karena pembangkit2 listrik di negara mana pun adalah industri yang jadi polutan CO2 terbesar di dunia), pengalihan ke bahan bakar nabati, dan bahkan ‘menilai-uangkan’ karbon lewat ‘jual beli karbon’ antar negara.

Aliran kedua tidak menyalahkan siapa ato apa yang menjadi penyebab global warming. Global warming menurut mereka adalah proses alamiah bumi yang bahkan gak bisa dicegah. Mereka menyajikan bukti data siklus pemanasan dan pendinginan bumi selama jutaan tahun.

So.. what do you think..??

Aku pribadi berpendapat bahwa global warming ini udah gak bisa dihentikan, unstoppable. Ozon udah keburu bolong dan gas2 rumah kaca udah keburu numpuk di atmosfer sana. Tapi masih ada ibu bumi yang menurutku masih bisa kita openi (red: rawat, perhatikan, look after). Terlepas dari fakta adanya global warming atopun gak, kita bisa lihat bahwa bumi mulai mengalami krisis energi, listrik jadi sering padam (apalagi di Kalimantan dan Sumatera) dan BBM lama2 juga akan habis. Hutan2 mulai banyak berkurang di muka bumi karena pepohonannya ditebangi untuk diekspor kayunya dan terutama untuk membuat KERTAS (.. !!!).

Jadi kupikir, hal2 kecil yang bisa kita lakukan untuk bumi mungkin lebih berarti daripada kita terus2an teriak2 membela atmosfer dan langit. Ayo hemat listrik, BBM, kertas, dll mumpung belum habis.. ^^

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: