Home > cerita Kancil > Jumlah Perempuan di Dunia Lebih Banyak Dari Laki-Laki..??

Jumlah Perempuan di Dunia Lebih Banyak Dari Laki-Laki..??

Saya pernah membaca sebuah buku (lupa judul dan penulisnya) yang salah satu aspeknya membahas tentang poligami secara ringkas. Di buku itu disebutkan bahwa salah satu sebab dibolehkannya poligami adalah karena jumlah wanita di dunia ini lebih banyak daripada pria. Waktu itu saya tidak langsung mengecek data untuk mengklarifikasi kebenaran pernyataan tersebut. Hanya berpikir bahwa kenyataan itu sepertinya benar, mengingat sepanjang karir sekolah “S3″ saya (red: SD, SMP, S1), jumlah siswa perempuan selalu lebih banyak daripada siswa laki-laki.

Baru-baru ini saya menemukan fakta menarik tentang perbandingan jumlah wanita dan pria di dunia (atau human sex ratio yang merupakan rasio jumlah pria per seratus jumlah wanita). Baru kemarin seorang teman menyatakan bahwa jumlah pria di Indonesia lebih banyak daripada wanita, meskipun perbedaannya hanya sedikit.

Terdorong oleh keinginan untuk membuktikan keyakinan saya sebelumnya bahwa jumlah wanita di dunia lebih banyak daripada pria, saya pun memulai pencarian data ke lembaga-lembaga internasional. Dugaan awal saya, jumlah pria di Indonesia bisa jadi lebih banyak, tapi jika sex ratio semua negara di dunia dirata-ratakan, mestinya akan diperoleh bahwa jumlah wanita lebih banyak daripada pria.

Dugaan saya keliru.

Hasil pencarian saya menunjukkan bahwa jumlah pria di dunia ternyata lebih banyak daripada wanita.

biru menunjukkan negara dengan jumlah wanita lebih banyak, merah adalah negara dengan jumlah pria lebih banyak

world sex ratio ::> biru menunjukkan negara dengan jumlah wanita lebih banyak, merah adalah negara dengan jumlah pria lebih banyak

Pada umur lahir, sex ratio dunia adalah 1,07 (pria lebih banyak 7% daripada wanita). Pada umur di bawah 15 tahun, sex ratio dunia adalah 1,06; pada umur 15-64 tahun 1,02; dan pada umur lebih dari 65 tahun 0,78. Secara rata-rata, sex ratio dunia adalah 1,01 alias jumlah pria lebih banyak 1% dibanding wanita. Hanya pada umur di atas 64 tahun wanita lebih banyak jumlahnya, didukung oleh data bahwa wanita memiliki umur harapan hidup yang lebih panjang daripada pria. Sex ratio antar negara cenderung bervariasi, tapi kisarannya mirip dengan yang dunia, hanya di atas umur 64 tahun wanita lebih banyak di sebagian besar negara.

Data dari Wikipedia yang diambil dari The World Factbook 2009 (atau disebut juga sebagai CIA World Factbook), mengemukakan hal tersebut. Demikian juga dengan UN yang bahkan melakukan proyeksi hingga tahun 2050 dan menyatakan bahwa hingga tahun tersebut jumlah pria masih tetap lebih banyak daripada jumlah wanita di dunia. Salah satu faktornya adalah adanya kecenderungan beberapa negara yang lebih mengutamakan kelahiran anak laki-laki, sehingga kelahiran anak perempuan tidak dicatatkan atau bahkan dibunuh. Gambar distribusi world sex ratio dapat dilihat pada gambar di atas, dimana biru menunjukkan wanita lebih banyak dari pria, sedangkan warna merah adalah sebaliknya.

Saya gak tau kenapa ada yang menyatakan bahwa jumlah wanita lebih banyak sebagai suatu ijinan untuk poligami. Karena hal ini kemudian menjadikan salah satu peluru untuk menyerang umat muslim (sebagaimana saya lihat di beberapa blog yang saya selancari). Ada kecurigaan dari diri saya juga bahwa data CIA dan UN tadi sifatnya politis, tidak benar. Tapi data dari BPS Indonesia sejak 1997 juga menyatakan pria lebih banyak.

Di blog seorang muslim, saya menemui pernyataan penengah. Yaitu bahwa salah satu tanda kecil hari kiamat adalah banyaknya kaum wanita dibandingkan kaum laki-laki. Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam telah bersabda :

مِنْ أَشْرَاطِ السَّاعَةِ أَنْ يَقِلَّ اْلعِلْمُ وَيَظْهَرَ الجَهْلُ وَيَظْهَرَ الزِّنَا وَتَكْثرَ النِّسَاءُ وَيَقلَّ الرِّجَالُ حَتَّى يَكُونُ لِخَمْسِينَ امْرَأَةً القَيِّمُ اْلوَاحِدُ

Di antara tanda-tanda dekatnya hari Kiamat adalah sedikitnya ilmu (tentang Ad-Dien), merajalelanya kebodohan dan perzinahan, dan sedikitnya kaum laki-laki, sehingga lima puluh orang wanita hanya terdapat satu orang pengurus (laki-laki) saja” [HR. Al-Bukhari no. 81 – tartib maktabah sahab, Muslim no. 2671, dan At-Tirmidzi no. 2205].

Selain dari faktor sedikitnya jumlah kelahiran laki-laki dibandingkan wanita, hal itu juga disebabkan karena banyaknya peperangan yang diduga akan terjadi di akhir jaman.

Penjelasan yang lebih masuk akal. Namun saya sendiri masih skeptis. Bisa jadi jumlah wanita di dunia memang benar-benar lebih banyak dari pria, mengingat adanya pernyataan tentang banyaknya kemungkinan kelahiran bayi perempuan tidak dicatatkan di berbagai belahan dunia.

Sumber:
http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_countries_by_sex_ratio
http://data.un.org/Data.aspx?d=PopDiv&f=variableID%3A13#PopDiv
http://abul-jauzaa.blogspot.com/2009/03/laki-laki-lebih-banyak-dari-wanita.html

Categories: cerita Kancil Tags: , , , , , , , ,
  1. Agus
    March 24, 2011 at 9:10 am

    skeptis kenapa, dari begitu bannyak sumber yang berbeda, semuanya menunjukkan kalau jumlah laki-laki lebih banyak dari perempuan kecuali pada kelompok usia 65 tahun ke atas. DAN TIDAK ADA SATU PUN ORANG YANG BILANG JUMLAH PEREMPUAN LEBIH BANYAK BISA MENUNJUKKAN DATANYA.kalau mau skeptis, bukankah harusnya logis, kalau tidak ada statistik semua juga bisa ngomong hehe.

    Maaf tetapi sekarang saya guru dan dari SD, Smp dan SMA di sekolah saya malah kekurangan murid perempuan (di SMP satu kelas hanya bisa ada 3-4 perempuan), saya tidak bohong, bohong dosa.

    Lagipula kromosom Y lebih bergerak cepat dibanding kromosom X. mungkin juga semakin banyak bayi tabung meningkatkan jumlah anak laki-laki, seperti artikel ini:

    http://health.detik.com/read/2010/09/30/081741/1451911/764/bayi-tabung-terlalu-banyak-hasilkan-bayi-laki-laki

    mengenai hari kiamat, maaf menurut saya itu masih perlu penafsiran, ada ulama yang berpendapat bahwa yang dimaksud BELUM TENTU JUMLAH dari laki-laki dan perempuan.

    saya mengatakan ini tidak ada maksud apa2 kecuali menentang alasan poligami yang terlalu dibuat-buat. Poligami diperbolehkan dengan syarat2 tertentu, jadi mengapa kita kotori dengan terus berbohong soal data statistik? Itu saja kok maksud saya terima kasih.

  2. yulius
    April 12, 2011 at 11:42 am

    dari SD, SMP, SMA, saya selalu menjumpai kenyataan di dalam kelas selalu wanita lebih banyak…

  3. boerhan
    May 20, 2011 at 3:10 am

    saya juga berfikir, mengapa ayam betina lebih banyak daripada ayam jantan ya ?? ya kali aja jawabannya salah satu diatas. hehe

  4. May 21, 2011 at 1:12 pm

    Mas Agus,, terima kasih pandangannya.
    Mas Yulius dan Mas Boerhan,, terima kasih data dan faktanya.

    hehehe..

  5. August 15, 2011 at 10:41 am

    Menurut peluang (teori Mendel), kelahiran laki-laki dan perempuan itu 50 banding 50. XX (perempuan) dikawinkan dengan XY (laki-laki), maka menghasilkan XX, XY, XX, dan XY (dua perempuan dan dua laki-laki, alias 50:50). Jadi hasilnya pun tidak akan jauh berbeda. Malah laki-laki cenderung lebih banyak karena:
    1) Kebanyakan orangtua lebih mengharapkan kelahiran anak laki-laki dibanding anak perempuan. Dengan itu mereka pun berdoa, dan sangat mungkin sedikit banyak doa mereka dikabulkan Tuhan.
    2). Beberapa negara yang berpenduduk overdosis (seperti Cina dan India) menerapkan kebijakan satu keluarga satu anak. Karena itu ada orangtua, ketika ternyata anaknya terlahir perempuan, dibunuhnya anak tsb, lalu mengandung lagi agar yang lahir laki-laki. Pembunuhan bayi perempuan ini bukan fenomena baru, karena Umar bin Khattab di zaman Arab Jahiliyah pun dulu melakukannya.

  6. Cesc
    September 18, 2011 at 11:04 am

    Adapun sunnah Rasulullah SAW akan poligami benar adanya. Manusia biasa seperti kita mungkin sulit bahkan tidak bisa untuk hal tersebut. Kalaupun ada, mungkin tak seadil yang dilakukan beliau dan malah menjurus pada perbuatan yang mudharat. Lebih baik kita melakukan dan
    menjalankan sunnah2 yang lebih bermanfaat dan lebih banyak pahala. Semoga Allah senantiasa mencurahkan shalawat dan salam kepada beliau.

  7. a lukman
    September 28, 2011 at 9:16 am

    Waduh… yang tadinya saya nakut-nakutin istri “klo mamih gak bisa menjadi istri yang baik, gak usah gusar papih masih ada 3 calis (calon istri) kok!”. Ehhh… dengan data seperti yang kalian ungkapkan malah saya yang sekarang ketakutan ntar di checkmate… :’((

  8. israf
    September 28, 2011 at 2:29 pm

    sejak SD, SMP, SMA, SARJANA, PASCA SARJANA….di kelas saya lebih banyak perempuannya dari laki laki….

  9. April 19, 2012 at 8:37 pm

    asik

  10. Aba Jawara
    May 11, 2012 at 3:26 pm

    Menurut pemikiran saya, hadits Rasulullah Saw tentang tanda-tanda dekatnya hari kiamat yang salah satunya adalah sedikitnya laki-laki, bisa jadi ini adalah sebuah gambaran tentang masa tersebut nanti. Kelak dunia ini senantiasa berkecamuk peperangan, pertikaian & pertumpahan darah yang hal tersebut sangat identik dengan jiwa laki-laki. Nah, mungkin kita bisa bayangkan sendiri potensi jumlah kematian laki-laki karena perang tersebut, sedangkan di fihak lain begitu banyaknya janda-janda baik yang muda ataupun tua.

  11. Ammorin
    June 17, 2012 at 2:05 pm

    Di banyak negara di Afrika, kelahiran bayi perempuan sering tidak di catat, di Indonesia, ada semacam rekayasa oleh BPS mengenai jumlah wanita, guna menentang polygami..

  12. Imam Sukirno
    July 9, 2012 at 12:06 pm

    Dari data BPS 2010 penduduk Inonesia sendiri adalah sebagai berikut jumlah Total 237.641.326 dengan perbandingan laki : perempuan 1.000 : 986 hanya pada umur 65 tahun ke atas jumlah perempuan lebih besar perbandingannya yaitu 1.000 : 1.235

  13. benny
    July 15, 2012 at 11:55 pm
  14. Heindriech
    September 9, 2012 at 11:36 am

    Buka nya tdk percaya fakta statistik bhwa pria lbih bnyak dari perempuan,tp slama sya skolah dari SD,SMP,SMA,S1 dan dari keluarga tmn2 sya jg tetangga,,malah lebih bnyak perempuan nya daripada pria,,,tp knp statistik menunjukkan kebalikan nya,,tlng ditinjau ulang lg,,trima ksh

  15. devilito163
    October 5, 2012 at 9:30 pm

    kebanyakan teori ….. darwin juga ngasi teori, nyatanya???
    kalo mo tau yg bener2 valid ya itung sendiri toh… http://statistik.ptkpt.net/_a.php?_a=penduduk_ratio&info1=4 adalah hasil statistik bayi yang didatakan. yang di aborsi??? yang dibuang??? yang keguguran??? wehehehehehheheh

  16. anid
    November 5, 2012 at 3:57 pm

    any question?
    wanita kan di ciptakan dari tulang rusuk laki laki tetepi kenapa jumlah wanita lebih banyak dari pada laki laki????

  17. nindy
    November 8, 2012 at 9:40 am

    dr dulu smp skrg jml prmpuan jg ud bnyk kalee! ga usa d ragukan..
    dl gw skola smp kuliah jg jml laki2 rata2 cm 35% dr penduduk kelas.

  18. Hadi satria
    February 10, 2013 at 12:10 am

    mungkin karna sabda rasul., mereka takut akan tanda-tanda kiamat, sehingga banyak wanita yang tidak diikutkan sensus..

  19. sony setya
    April 2, 2013 at 10:00 pm

    Di kampung saya janda ada 11, yang jamugen (janda muda dan genit) dua orang dan udah laku semua, saya tau karna saya menjadi sekretaris BAZ (badan amil zakat) sedangkan duda cuman 2 orang dan sekarang yang satu sudah nikah.. tapi 9 janda belum ada yang laku.. anak sulung saya masiih di TK 0 besar, jumlah anak laki-laki ternya 31%. saya ingat waktu sekolah, mulai sekolah dasar sampai S2 perempuan selalu lebih banyak.. ada yang berkelakar “kalo di STM gimana?” yaa.. kira-kira 100 lk:11pr.. tapi lihat di AMEA (jaman saya masih sekolah dulu he..he..) 100pr:11lk.. kalo di sekolah bintara dan akpol gimana?.. saya jawab, kalo di AKPER, AKZI?? tidak valid memang.. tapi saya masih berkeyakinan jumlah perempuan tetap lebih banyak..

  20. June 12, 2013 at 1:23 am

    Kawan saya email salinan artikel nie pada saya… katanya idea2 dalam blog awak memang menarik.

    .. saya dah bookmark .. terima kasih dan kalau boleh nak mintak izin share kat fb.
    ..

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: